Get snow effect

Pages

Rabu, 16 Juni 2010

Guru dan Blog

Blog adalah singkatan dari web-log, dimana isinya mirip dengan buku harian seseorang, namun dapat dibaca dan dibagi kepada banyak orang karena diposting (dimuat dalam web umum) . Isinya beragam, sesuai dengan topic yang diinginkan oleh pemilihnya. Isi dari log tersebut tertata terbalik, dimana postingan terakhir yang dimuat paling depan/ atas. . Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Guru sangat penting memiliki blog, karena dijaman yang serba elektronik sekarang ini, guru dituntut mampu mengikuti arus perkembangan teknologi. Jika seorang guru memiliki sebuah blog, dia akan mampu menyediakan bahan ajar secara online, tidak hanya untuk siswanya tetapi juaga untuk orang yang berkeinginan untuk belajar. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi internet seperti saat ini, sudah saatnya guru mengoptimalkan fungsi internet sebagai media virtual yang mampu menunjang aktivitas dan budaya menulis yang sangat besar manfaatnya dalam upaya mengembangkan profesionalisme guru. Ini berarti, blog dapat dijadikan sebagai media sekaligus sumber belajar yang interaktif, aktif, inovatif, kreatif, efektif, menarik, dan menyenangkan.

Di jaman sekarang ini seorang guru harus bisa menguasai bahan ajar secara menyeluruh baik secara tradisional maupun hi-tech. . Dalam menghadapi tantangan kehidupan modern di abad-21 ini, kreativitas dan kemandirian sangat diperlukan untuk mampu beradaptasi dengan berbagai tuntutan sebagai seorang guru maupun siswa.Untuk dapat memanfaatkan TIK dalam memperbaiki mutu pembelajaran bahasa Inggris, ada tiga hal yang harus diwujudkan yaitu:
1. Siswa dan guru harus memiliki akses kepada teknologi digital dan internet dalam kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan guru.
2. Harus tersedia materi yang berkualitas, bermakna, dan dukungan kultural bagi siswa dan guru.
3. Guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan alat-alat dan sumber-sumber digital seperti bahan ajar untuk listening dan pemberian cerita untuk membantu siswa agar mencapai standar akademik

some are adopted from http://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar